Solusi Investasi Akhirat Anda

Apakah menghilangkan najisnya babi sama dengan anjing, dibasuh tujuh kali salah satu basuhannya dicampur tanah?

 – نحن في بلاد الغربة، ونذهب إلى الحدائق العامة، ويوجد في هذه الحدائق آنية لشواء اللحم، وتكون مستخدمة من قبل لشوي اللحم الحرام، ومنه الخنزير، وسؤالي هو: ما كيفية تطهير هذا الإناء لنشوي فيه؟ فالبعض من الطلاب المسلمين يقول: إنه يكفي إشعال النار قبل الشوي، والنار تطهر هذه الآنية لشوي اللحم، ويكون شوي اللحم بعد ذلك حلالًا، فهل هذا الجواب صحيح؟

الإجابــة

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد:

 فإذا كان تنجس هذه الآنية مشكوكًا فيه، بأن لم يحصل اليقين أنه قد طبخ فيها الخنزير، فلا حرج في استعمالها.

وإن تحققتم أنه قد طبخ فيها الخنزير، فإنها قد تنجست بذلك، ولا تطهر إلا بغسلها.

  جاء في الدليل مع شرحه لابن ضويان: [وآنية الكفار، وثيابهم طاهرة] لأن النبي صلى الله عليه وسلم أضافه يهودي بخبز، وإهالة سنخة. رواه أحمد. وتوضأ من مزادة مشركة. وتوضأ عمر- رضي الله عنه- من جرة نصرانية. ومن يستحل الميتات، والنجاسات منهم، فما استعملوه من آنيتهم، فهو نجس؛ لما روى أبو ثعلبة الخشني قال: قلت يا رسول الله، إنا بأرض قوم أهل كتاب، أفنأكل في آنيتهم؟ قال: “لا تأكلوا فيها، إلا أن لا تجدوا غيرها، فاغسلوها، ثم كلوا فيها” متفق عليه. انتهى.

  ثم إن تطهير هذه الآنية إذا تحققتم أنه قد طبخ فيها الخنزير، يكون بغسلها سبعًا إحداهن بالتراب، كنجاسة الكلب عند كثير من العلماء، ورجح الشيخ ابن عثيمين أن تطهيرها يكفي فيه غسلها مرة واحدة إن زالت بها عين النجاسة.

  قال الشيخ -رحمه الله-: إذا ولغ الكلب في الإناء، فإنه يغسل سبع مرات إحداهن بالتراب)، كما ثبت به الحديث عن النبي صلى الله عليه وسلم، وقد قاس بعض الفقهاء الخنزير على الكلب؛ لكن هذا القياس غير صحيح؛ لأن الخنزير تحدث الله عنه في القرآن الكريم، وهو معروف، ومع ذلك لم يلحقه النبي صلى الله عليه وسلم بالكلب. وكل شيء وجد سببه في عهد الرسول صلى الله عليه وسلم، ولم يحكم فيه بشيء، فإنه لا يصح أن يحكم فيه بشيء يخالف ما كان عليه في عهد النبي صلى الله عليه وسلم. وعلى هذا فالخنزير نجاسته كغيرها من النجاسات، إذا ولغ في الإناء لا نغسله سبع مرات. انتهى.

 وأما مجرد وضع الآنية المتنجسة على النار، فليس ذلك مطهرًا لها، وليس جفاف النجاسة بمطهر إلا ما اختلف فيه من الأرض، وما اتصل بها اتصال قرار، كالشجر، والبناء، فهذه هي التي تطهر بالجفاف على قول، وأما ما عدا ذلك إذا تنجس فلا بد من غسله بالماء؛ وانظر الفتوى رقم: 36980. والله أعلم./

https://www.islamweb.net/ar/fatwa/254440/

4. Pertanyaan: Kami di negri Arab. Suatu ketika kami pergi ke taman-taman umum. Di dalamnya dijumpai bejana untuk memanggang daging. Bejana tersebut sebelumnya telah dipakai untuk memanggang daging yang haram di antaranya babi. Pertanyaanku: Bagaimana cara mensucikan bejana ini agar kita bisa memanggang dengannya? Sebagian pelajar muslim mengatakan bahwa untuk mensucikannya cukup dengan menyalakan api sebelum kita gunakan. Api akan mensucikan bejana pemanggang daging ini sehingga pemakaiannya berikutnya sudah suci/halal. Apakah keterangan seperti ini benar?

Jawab:

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله، وصحبه، أما بعد:

Jika bejana ini diragukan bahwa ia najis karena bisa jadi telah digunakan untuk memasak babi, maka tidak ada masalah untuk memanfaatkannya. Tapi, jika Anda yakin bahwa ia telah digunakan untuk memasak babi maka ia jelas najis dan tidaklah menjadi suci kecuali dengan mencucinya. Ada dalil mengenai hal ini dengan syarh oleh Ibnu Dhuban, yaitu berikut ini: Bejana orang kafir dan pakaian mereka itu suci karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam disuguhi roti dan selai oleh orang Yahudi  (HR. Imam Ahmad). Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga berwudhu dari bejana milik wanita musyrikah. Umar radhiyallahu ‘anhu berwudhu dari bejana milik orang nashroni. Siapa saja yang menghalalkan bangkai dan barang-barang najis maka bejananya najis tidak boleh digunakan sebagaimana Abu Tsa’labah Al-Khusyani meriwayatkan, dia berkata:

يا رسول الله، إنا بأرض قوم أهل كتاب، أفنأكل في آنيتهم؟ قال: “لا تأكلوا فيها، إلا أن لا تجدوا غيرها، فاغسلوها، ثم كلوا فيها” متفق عليه. انتهى.

“Ya Rasulullah! Kami berada di negri kaum Ahli kitab, apakah kami makan pada bejana mereka? Beliau menjawab: Jangan kalian makan pada bejana mereka, kecuali jika kalian tidak mendapatkan selainnya maka cucilah ia terlebih dahulu baru kemudian makanlah padanya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian mengenai mensucikan bejana yang dipastikan telah digunakan untuk memasak babi maka dengan dicuci sebanyak tujuh kali salah satunya dicampur dengan tanah sebagaimana mensucikan dari najis anjing, menurut kebanyakan ulama. Syaikh Utsaimin merojihkan bahwa cara mensucikannya cukup dengan dicuci sekali jika najis sudah bisa hilang.

Beliau rahimahullah mengatakan: Disebutkan di dalam Hadits, “Jika bejana dijilati anjing maka dibasuh tujuh kali basuhan salah satunya dicamupur dengan tanah” sebagian Ahli Fiqh mengqiyaskan babi kepada anjing. Tetapi qiyas di sini tidaklah tepat. Karena babi, Allah ‘Azza wa Jalla menyebutnya di dalam Al-Qur’an, ini perkara yang gamblang. Namun, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengkatagorikannya dengan anjing. Segala sesuatu yang sebabnya dijumpai  pada zaman Rasul shallallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau tidak menghukuminya dengan sesuatu maka tidaklah benar jika seseorang menghukuminya dengan sesuatu yang menyelisihi pada zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Jadi, najisnya babi sama sebagaimana najis-najis lainnya jika bejana dijilatinya maka tidak dibasuh tujuh kali [selesai].

Adapun sekedar meletakkan besi pemanggang yang terkena najis tersebut di atas api, maka bukan demikian cara mensucikannya. Bukanlah mengeringkan najis itu dengan cara dikeringkan, ia menjadi suci dengan melepaskannya. Kecuali sesuatu yang melekat dan tidak bisa dilepaskan dari bumi maka cara mencucikannya dengan cara dikeringkan seperti pohon, bangunan. Adapun selain itu, maka harus dibasuh dengan air. Lihatlah fatwa nomor. 36980

Judul buku : Terkadang Ditanyakan 4

Penulis : Muhammad Nur Yasin Zain, Lc. Hafidzahullah
(Pengasuh Pesantren Mahasiswa Thaybah Surabaya