Awas Riba mengepung Anda (bag. 1 Muqaddimah)

PENDAHULUAN

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah membimbing hamba-hambaNya di jalan-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurahkan bagi Rasulullah shallahu’alihi wasallam yang telah menjelaskan ajaran Islam dengan sangat gamblang, sehingga tidak ada kabut di dalamnya.
Saya hanyalah seorang thalabul ilmi yang belum pantas menyampaikan atau menulis ilmu. Tetapi ada dua hal yang memotivasi saya untuk menulis buku ini. Pertama: Ada seorang donatur kirim sms, menanyakan apakah YNF punya buku saku tentang masalah riba? Saya berpikir dan berhusnudz-dzan bahwa buku-buku saku dengan berbagai judul yang diterbitkan YNF sederhana dan ringan dibaca sehingga bisa lebih cepat “mengenai sasaran”, dan riba yang begitu menyelimuti kehidupan tentunya sangat perlu untuk di “adili”. Saya pun meluangkan waktu untuk mulai menulisnya. Kedua: Di saat baru mulai menulis, saya berkesempatan mengisi kajian di suatu majlis taklim yang temanya menyinggung masalah riba. Betapa kagetnya saya bahwa hadirin yang jumlahnya sekitar 80an orang hampir seluruhnya meminjam uang pada seorang rentenir dan mereka memandangnya sebagai suatu hal yang biasa. Ketika saya ingatkan akan bahayanya, dengan enteng dan tanpa merasa bersalah mereka merespon,”…kan darurat, ustadz laa haula wa laa quwwata illa billah. Sayapun semakin terlecut -di tengah-tengah kesibukan saya- untuk bisa menyelesaikan tulisan ini yang sangat sederhana.
Saya memohon kepada Allah ta’ala semoga Dia memberi manfaat melalui buku ini bagi kaum muslimin. Akhirnya, kepada seluruh asatidz dan para pembaca jika menemui kesalahan dalam buku ini saya sangat berharap untuk segera meluruskannya. Kita berdoa kepada Allah semoga amalan-amalan kita diterimaNya dan dicatat sebagai pemberat timbangan kebaikan. Amin
Al-Faqiir ilaa rahmati Robbihi
Muhammad Nur Yasin

Pengantar Cetakan Ketiga

Alhamdulillah, buku Awas Riba Mengepung Anda’, setelah dua kali cetak totalnya 4000 eksemplar, YNF merasakan adanya feedback yang cukup bagus. Di antaranya adalah permintaan kajian tentang riba di beberapa tempat, konsultasi by phone atau datang langsung ke kantor dan adanya informasi bahwa ada beberapa orang yang taubat dari muamalah ribawi setelah membaca buku ini. Ada juga yang sebenarnya sudah ingin hijrah dari dunia haram ini tetapi masih maju mundur. Namun, setelah membaca buku saku yang sangat sederhana ini, ia menjadi mantap untuk hijrah. Alhamdulillah alladzi bi nimatihi tatimmu ash-shalihat.
Sebenarnya buku ini banyak permintaan. Berhubung stock habis, kami pun memohon maaf tidak bisa memenuhi permohonannya. Hingga akhirnya datanglah acara Islamic Book Fair tanggal 1 Mei sampai 7 Mei 2015, di mana YNF berkesempatan mengisi salah satu acaranya, maka buku inipun dicetak kembali. Sejumlah 3000 eksemplar. Semoga bermanfaat.
Kritik, saran yang membangun dan koreksian atas konten buku ini sangat saya harapkan. Meskipun mau cetak ulang yang ketiga kalinya, bisa saja masih terjadi kesalahan. Dan saya mohon ampun kepada Allah ‘Azza wa jalla. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku kecil ini.
Surabaya, 8 Rajab 1436H/27 April 2015 Alfaqiir ila rahmati Robbihi
Muhammad Nuryasin

Judul buku : Awas Riba mengepung Anda

Penulis : Muhammad Nur Yasin Zain, Lc.Hafizhahullah
(Pengasuh Pesantren Mahasiswa Thaybah Surabaya)

Check Also

Kadar zakat perhiasan itu berdasarkan harga jual saat menunaikan zakat

Sumber : https://www.islamweb.net/ar/fatwa/49401/ Teks Arab يحسب الحلي بسعره يوم إخراج زكاتهالسوال هو : هل نخرج …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *