Search
Thursday 16 August 2018
  • :
  • :

apakah Surat Wakiah ada fadilahnya?

Assalamualaikum Ustad , mohon bertanya apakah Surat Wakiah ada fadilahnya.

Terima kasih wasalam , pipin

Wa’alaikumussalam wa rahmatullah. Riwayat yang saya jumpai adalah,

منقرأسورةالواقعةكلليلة،لمتصبهفاقةأبدًا (قال الألباني في سلسلة الأحاديث الضعيفة ( 1 / 457 ) :ضعيف .)

Barangsiapa yang membaca surat al-Waqi’ah setiap malam tidak akan ditimpa kesulitan selamanya” (Syikh Al-Albani berkata: Hadits ini dho’ifdi dalam kitab Silsilah Al-Ahadits adh-Dho’ifah)

Karena derajatnya dho’if maka tidak bisa diamalkan

 

منقرأسورة { الواقعة } وتعلمهالميكتبمنالغافلينولميفتقرهووأهلبيته (السلسلةالضعيفة – مختصرة (1/ 459): موضوع )

Barangsiapa yang membaca surat al-Waqi’ah dan mempelajarinya, niscaya tidak dicatat sebagai orang yang lalai, lalu dia dan keluarganya tidak termasuk orang miskin” (Syaikh Al-Albani di dalam As-Silsilah Adh-Dho’ifah berkata: Hadits ini maudhu’/palsu)

 

Karena derajatnya palsu maka tidak bisa diamalkan.

 

Adapun Hadits yang shahih adalah berikut ini,

 

قَالَأَبُوبَكْرٍرضىاللهعنهيَارَسُولَاللَّهِقَدْشِبْتَ. قَالَ « شَيَّبَتْنِىهُودٌوَالْوَاقِعَةُوَالْمُرْسَلاَتُوَ (عَمَّيَتَسَاءَلُونَ) وَ (إِذَاالشَّمْسُكُوِّرَتْ) (سننالترمذى، صحيحسلسلةالأحاديثالصحيحة 955 )

“Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu berkata: Ya Rasulullah, Engkau telah beruban? Beliau menjawab: Yang menjadikanku beruban adalah surat Hud, Al-Waqi’ah, Al-Mursalaat, ‘Amma yatasaa-alun, dan Idzasy Syamsu kuwwirot” (Sunan At-Tirmidzi dinyatakan shohih oleh Syaikh Al-Albani di dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shohihah 955)

 

Maksud Hadits ini adalah sebagaimana disebutkan dalam kitab Faidhul Qodir bahwa ayat-ayat tersebut berisikan tentang kengerian dan dahsyatnya hari Kiamat yang sangat menakutkan jiwa. Dan, ketakutan seringkali menjadikan rambut beruban.

(Muhammad Nur Yasin)