Search
Thursday 16 August 2018
  • :
  • :

Waktu sholat subuh di tempat antum jam brapa ustadz?

Assalaamu’alaikum… Waktu sholat subuh di tempat antum jam brapa ustadz…. dari hamba Allah di Surabaya.

Jawab: Wa alaikumussalam Ahlan wa Sahlan di majalah FITHRAH. Adzan Shubuh di masjid THAYBAH Keputih Sukolilo adalah sekitar 20 menit setelah jadwal yang tertera di jadwal shalat. Hal ini dikarenakan bahwa berdasaarkan obserbasi-observasi ketika terdengar adzan di mana-mana ufuk masih gelap gulita, belum terlihat cahaya yang melintang dari Utara-Selatan (fajar shodiq).  Ia baru terlihat sekitar 20 menit kemudian. Tentang fajar shodiq disebutkan dalam Hadits,

عَنْ قَيْسِ بْنِ طَلْقٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لَيْسَ الْفَجْرُالْمُسْتَطِيلَ فِى الأُفُقِ وَلَكِنَّهُ الْمُعْتَرِضُ الأَحْمَرُ مسند أحمد

“Dari Qoys bin Tholq dari ayahnya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Bukanlah fajar itu cahaya yang memanjang di ufuk, tetapi ia warna kemerahan yang melintang (Utara-Selatan) di ufuk” (Musnad Imam Ahmad).

Cahaya kemerahan itu (fajar shodiq) baru nampak sekitar 20 menit setelah terdengar adzan pada umumnya. Adapun sebelumnya, muncul cahaya yang membumbung ke atas, itulah yang disebut fajar kadzib.

Disebutkan dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كلوا واشربوا ولا يُهِيدَنَّكُم السَّاطِع المصعد فكلوا واشربوا حتى يعترض لكم الأحمر (رواه الترمذي)

“Makanlah dan minumlah (sahur), janganlah sekali-kali cahaya membumbung ke atas mencemaskan Anda. Makanlah dan minumlah (sahur) hingga tampak bagi kalian warna merah yang melintang (Utara-Selatan)” (HR. At-Tirmidzi)

(Muhammad Nur Yasin)