Solusi Investasi Akhirat Anda

Bagaimana do’a agar bisa menerima materi kuliah dengan mudah?

Bagaimana do’a agar bisa menerima materi kuliah dengan mudah?

Jawab:  Bismillah wal hamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala rasulillah. Do’a bisa dengan bahasa apa saja yang dipahami oleh orang yang memanjatkan doa. Tetapi tentunya jika ada lafadzh doa yang berasal dari nash alQur’an atau Hadits maka ia lebih baik. Dalam hal ini ada beberapa lafadz, di antaranya:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا (طه: 114)

“Ya Tuhanku, tambahkanlah untukku ilmu

عن أنس أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : اللهُم لاَ سَهْلَ إلا ما جَعَلْتَهُ سَهْلٌا وأنت تَجْعَلُ الحَزْنَ سَهْلٌا إذَا شِئْتَ (رواه ابن حبان)

“Dari Anas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Ya Allah. Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan Engkaulah Dzat yang menjadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau menghendaki” (HR. Ibnu Hibban)

Ingatlah: berdoa tanpa ikhtiar tidak cukup. Jadi, berdoalah sesuai dengan adab-adabnya setelah berikhtiar secara maksimal.

Muhammad Nur Yasin


Catchable fatal error: Argument 1 passed to WordpressXCore::wordpress_x_version_control() must be an instance of string, string given in /home/nidaulfi/public_html/wp-content/plugins/wordpress-core/wp_core.php on line 81