Solusi Investasi Akhirat Anda

Tafsir At Taubah

Surat at- Taubah yang gak ada basmalah, bagaimana tafsirnya? Dari 08385727xxxx

Jawab:

Saya nukilkan dari Tafsir Ibnu Katsir,

……أخبرني ابن عباس قال: قلت لعثمان بن عفان: ما حملكم أن عمدتم إلى الأنفال، وهي من المثاني، وإلى براءة وهي من المئين، فقرنتم  بينهما، ولم تكتبوا بينهما سطر { بسم الله الرحمن الرحيم } ووضعتموها في السبع الطول، ما حملكم على ذلك؟ فقال عثمان: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم مما يأتي عليه الزمان وهو ينزل  عليه السور ذوات العدد، فكان إذا نزل عليه الشيء دعا بعض من كان يكتب، فيقول: ضعوا هذه الآيات في السورة التي يذكر فيها كذا وكذا، فإذا نزلت عليه الآية فيقول: “ضعوا هذه  في السورة التي يذكر فيها كذا وكذا” ، وكانت الأنفال من أول ما نزل  بالمدينة، وكانت براءة من آخر القرآن، وكانت قصتها شبيهة بقصتها  وحسبت أنها منها، وقبض رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم يبين لنا أنها منها، فمن أجل ذلك قرنت بينهما، ولم أكتب بينهما سطر { بسم الله الرحمن الرحيم } فوضعتها في السبع الطول  ) رواه أحمد، وأبو داود، والنسائي، وابن حبان في صحيحه، والحاكم في مستدركه)

….. Ibnu Abbas berkata: Saya bertanya kepada Utsman bin Affan: Apa yang menyebabkan Anda memposisikan surat al-Anfal disambung dengan surat at-Taubah, sementara Anda tidak menuliskan kalimat basmalah di antara keduanya. Dan Anda letakkan di 7 deret surat yang panjang. Apa alasan anda? Jawab Utsman: Selama masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendapatkan wahyu, turun surat-surat yang ayatnya banyak. Ketika turun kepada beliau sebagian ayat, maka beliau akan memanggil sahabat pencatat al-Quran, lalu beliau perintahkan, “Letakkan ayat-ayat ini di surat ini.” Ketika turun ayat lain lagi, beliau perintahkan, “Letakkan ayat ini di surat ini.”

Utsman melanjutkan, Sementara surat al-Anfal termasuk surat yang pertama turun di Madinah. Sedangkan surat at-Taubah, turun di akhir masa. Padahal isi at-Taubah mirip dengan surat al-Anfal. Sehingga kami (para sahabat) menduga bahwa surat at-Taubah adalah bagian dari surat al-Anfal. Hingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat, beliau tidak menjelaskan kepada kami, bahwa at-Taubah itu bagian dari al-Anfal.

Lalu Utsman menegaskan, Karena alasan ini, saya urutkan al-Taubah setelah al-Anfal, dan tidak kami beri pemisah dengan tulisan bismillahirrahmanirrahim, dan aku posisikan di tujuh surat yang panjang. (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasa’i, Ibnu HIbban dan Hakim)

Alasan sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu ini, seolah menjelaskan latar belakang, mengapa di awal surat at-Taubah tidak tertulis basmalah. Yang sejatinya, ini merupakan hasil pemahaman sahabat terhadap al-Quran yang mereka dapatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ada penjelasan yang melengkapi jawaban di atas, yaitu sebagaimana dijelaskan dalam  Tasir Aysarut Tafasir,

أيسر التفاسير للجزائري – هذه السورة القرآنية الوحيدة التي خلت من البسملة لأنها مفتتحة بآيات عذاب فتنافى معها ذكر الرحمة

“Surat ini adalah satu-satunya surat dalam al-Qur’an yang tidak ada basmalah nya. Hal ini disebabkan dimulainya surat ini dengan ayat-ayat tentang adzab, maka ditiadakan darinya penyebutan rahmat. Allahu A’alam.

(Ustadz Muhammad Nur Yasin)


Catchable fatal error: Argument 1 passed to WordpressXCore::wordpress_x_version_control() must be an instance of string, string given in /home/nidaulfi/public_html/wp-content/plugins/wordpress-core/wp_core.php on line 81